Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening Di Rumah Makan “Andina” Muara Teweh Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah

Murnilawati Murnilawati, Hairudinor Hairudinor, M Nor Rasyidi¬

Abstract


Restaurant Andina is one of the restaurants in Muara Teweh on monthly sales turnover and increase and decrease of sales in every month always decrease and increase. This study aims to determine whether there is influence Influence Products, Prices and Promotion Against Decision Purchase Through Quality Service employees either partially or simultaneously.

The method used in this study is quantitative research that is a research model that requires the existence of the calculation of the numbers, while the approach used is the survey approach that is the research that takes the sample of 117 of the population and use the questionnaire as a basic data collection tool.

The results of this study indicate that, the variable quality of service does not significantly influence the Quality of Service, the price significantly influence the Quality of Service, the promotion does not significantly affect the Quality of Service, product quality does not significantly affect the Quality of Service, Purchase Decision, service quality variable has no significant effect on Purchasing Decision, Price variable has significant effect to service quality and service quality has significant effect on purchasing decision. Promotion variable has significant effect to service quality and service quality has significant effect to purchasing decision.

 

Keywords: Quality, Product, Price, Promotion, Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Keenam, Alfabeta, Bandung.

Andrianto, Hendra Noky dan Idris. 2013. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Innova di Semarang”. Diponegoro Journal Of Management. Vol 2, No 3, hlm 1-10.

Angipora, Marius. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kedua. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Budiyono. 2004. Statistika Dasar untuk Penelitian. Surakarta: FKIP UNS Press

Cannon, Josep P, dkk. 2008. Pemasaran Dasar, edisi 16 Pendekatan Manajerial Global. Jakarta: Salemba 4

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

D.A. Garvin, 1994, Kualitas Produk : Alat Strategi Yang Penting, Free Press.

Daud, Denny. 2013. Promosi dan Kualitas Layanan Pengaruhnya terhadap KeputusanKonsumen Menggunakan Jasa Pembiayaan Pada PT. Bess Finance Manado. Jurnal Emba 51 Vol.1 No.4, Hal. 51-59

Ferdinand, A., (2002), Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen, Edisi ke 2, BP UNDIP, Semarang

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghanimata, Fifyanita. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Tesis, Universitas Diponegoro Semaran

Handoko T. Hani (2002), Manajemen; Edisi Kedua, Cetakan Ketigabelas Yogyakarta : BPFE.

Hansen and Mowen,(1999). Akuntansi Manajemen, dialihbasakan oleh Ancella A, Hermawan, Jakarta: Erlangga.

Hariadi, Doni. 2012. Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Projector Microvision. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol.1 No.8 (2012)

Ika Putri Iswayanti (2010). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga, Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rumah Makan “Soto Angkring Mas Boed” Di Semarang.Tesis, Universitas Diponegoro Semarang.

Kertajaya, Hermawan. 1999. Marketing Plus : Siasat Memenangkan Persaingan

Kodu, Sarini. 2013. Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnyaterhadap Keputusan Pembelianmobil Toyota Avanza. Jurnal Emba 1251vol.1 No.3, Hal. 1251-1259

Kotler, Philip. 1997. Dasar – Dasar Pemasaran. Jakarta : Prenhallindo.

----------------- . 1999. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat

----------------- dan Amstrong. 2001. Manajemen Pemasaran. Edisi II. Jakarta : PT. indeks

----------------- . 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat

---------------- . 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: PT Prenhallindo

----------------- . 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi XI. Jakarta : Indeks

Kumorotomo, Wahyudi. 2005. Akuntabilitas Birokrasi Publik : Sketsa pada Masa Transisi. Yogyakarta: Pusat Pelajar.

Larosa, Septhani Rebeka. 2011. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada WarungWarung Makan di Sekitar Simpang Lima Semarang)”. Tesis. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro

Lembang, Rosvita Dua. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Cuaca terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi S1 Reguler II Universitas Diponegoro). Tesis. Program Studi Magister Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Martanti, Anastasia Dwi Febri. 2006. Analisis Strategi Differensiasi, Promosi, dan Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Minat Beli. Tesis, Universitas Diponegoro Semaran

Munfaat, Imron. 2003. Membangun Keunggulan Produk. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol. II, No. 3, 219-232

Nela Evelina, Handoyo Dw, Sari Listyorini. 2012. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi Kasus pada Konsumen Telkomflexi Di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus).Diponegoro Journal Of Social And Politic. Hal. 1-11

Niti Semito, Alex S. 1991. Marketing. Jakarta. Ghalia. Indonesia

Nurgiyantoro, Burhan, Gunawan dan Marzuki. 2004. Statistik Terapan : Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Cetakan Ketiga (Revisi). Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Nurnaningsih, Ratih. 2012. Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelianjasa Asuransi Jiwa (Studi Pada Pt. Avrist Assurance –Semarang ). Tesis, Universitas Diponegoro Semarang

Porter, M. E. (1980), Competitive Strategy : Technigues For Analizing Industries and Competitors, The Free Press, New York

Prubarani, Vidya Hanesty. 2013. Analisis Pengaruhpers Psiharga,Kualitas Produk,Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Larissa Aesthetic Center Semrang. Tesis, Universitas Diponegoro Semara

Raharjani, Jeni. 2005. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, Vol. 2, No. 1

Santoso, Singgih. 2004. SPSS Versi 10 Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta : PT. gramedia

Setiawati , Erma dan Sri Murwanti. 2004. Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Intensitas Pembelian. Benefit, Vol. 10, No. 1

Sofjan, Assuari. 2002. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep, dan Strategi. Rajawali Pres. Jakarta.

Sri Suratno F.G. dan Nursya’ Bani Purnama. 2004. ”Analisis Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kualitas Layanan Kantor Pelayanan Pajak Yogyakarta Dua”. Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol. 7 No. 1, Hal. 69-87.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA

Susanti, C. Esti. 2003. Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Jasa Produk Keramik Merek Milan di Surabaya. Jurnal Widya Manajemen dan Akuntansi, Vol. 3, No. 2

Sutantio, Magdalena. 2004. Studi Mengenai Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi; Studi Kasus Produk Sharp di Surabaya. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol.III

Swasta, Bassu dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty

Tasunar, Nanang .2006. ”Kualitas Layanan Sebagai Strategi Menciptakan Kepuasan pada Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Morodemak”. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. V No. 1 Mei 2006, hal. 41-62.

--------------------. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbp.v8i1.7909

Article Metrics

Abstract view : 4877 times
PDF - 3236 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Jurnal Bisnis dan Pembangunan

             

 

Creative Commons License

Jurnal Bisnis dan Pemabangunan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. ISSN : 2541-1403 (print verson), E-ISSN : 2541-187X